10 Drama Korea Terpopuler Tahun 2016

Posted by Unknown on 6:54 AM

Dengan berakhirnya serial Hwarang: The Poet Warrior Youth, maka berakhir pula seluruh penanyangan serial Drama Premium yang dirilis tahun 2016.

[Baca ketentuan Serial Drama Premium menurut Dramakoreaid di sini]

Admin dan para tim-nya memutuskan untuk membuat 10 Daftar Drama dengan Rating Tertinggi tahun 2016, baik itu Drama yang di siarkan di Penyiaran Publik atau TV Berlangganan/kabel. Adapun referensi kami adalah berdasarkan data yang di ambil dari AGB Nielsen Korea, sebuah lembaga yang melakukan riset dan merating program TV di Korea Selatan. AGB Nielsen membagi rating menjadi 2 berdasarkan wilayah Geografis yakni Rating Nasional dan Rating Wilayah Ibukota Seoul. Yang menjadi patokan kami dan tolak ukur kami adalah Rating Nasional karena wilayah Geografis yang luas. Nah, berikut adalah 10 Drama dengan Rating Tertinggi tahun 2016.


1. Descendants of the Sun (KBS2)
Rating rata-rata Nasional = 28,58% Raihan Rating Tertinggi : 38,8%

File: Poster Resmi "Descendants of the Sun"
Poster Resmi "Descendants of the Sun"
Drama percintaan antara Tentara dan Dokter ini sukses menarik perhatian penonton bukan cuma di Korea Selatan dan Asia, tapi juga di seluruh Dunia. Menjadi Serial TV pertama yang mencapai raihan rating 40% lebih di Wilayah Ibukota Seoul dalam 4 tahun terakhir setelah Moon Embraces the Sun (MBC, 2012). Mengambil latar belakang di sebuah negara fiksi di Asia Barat bernama Urk yang merupakan daerah konflik, serta bencana Gempa Bumi dan Penyebaran Wabah Penyakit, para tentara yang di komandani Kapten Yoo Si Jin bertugas untuk menjaga perdamaian di Negara itu dan Tim Medis yang diketuai oleh Dokter Kang Mo Yoen bertugas untuk bala bantuan PBB di bidang kesehatan. Drama yang awalnya ditangani SBS ini sempat berhenti di tengah Proses produksinya, karena SBS tidak yakin akan keberhasilan drama ini nantinya menilai besarnya proses produksi karena membangun Set yang menjadi Negara Urk dan 80% pengambilan gambarnya diluar negeri, lalu prosesnya diambil alih dan dilanjutkan oleh KBS dan menjadi mega hits di Asia dan dunia. Penceritaan yang berkualitas dan ringan, kualitas akting, tema yang diangkat menjadi pemicu dari suksesnya drama ini. Terima kasih penulis Kim Eun Sook.
[Baca selengkapnya mengenai Drama Descendants of the Sun ]

2. Romantic Doctor Teacher Kim (SBS)
Rating rata-rata Nasional = 20,40% Raihan Rating Tertinggi : 27,6%

Poster Promosi "Romantic Doctor Teacher Kim"
Drama dengan tema medis sepertinya bintang di tahun 2016, salah satunya adala Romantic Doctor Teacher Kim. Berkisah mengenai seorang ahli bedah legendaris dengan 3 sertifikat spealis, Dr. Boo Yong Joo yang tiba-tiba meyisihkan dirinya ke sebuah rumah sakit terpencil setelah berada di Puncak karirnya dirumah sakit besar di Seoul, lalu mengganti namanya menjadi Kim Sabu. Selain Kim Sabu drama ini juga berfokus pada cerita cinta Kang Dong Joo dan Yoon Seo-jong dan perjalanan mereka di bawah asuhan Kim Sabu untuk menjadi Dokter yang baik. Gaya penceritaan yang cenderung konstan dalam menjaga mood penonton dan tema kehidupan yang diambil menurut Tim kami adalah kunci mengapa drama ini sukses. Terima kasih penulis Kang Eun Kyung.

[Baca selengkapnya mengenai Drama Romantic Doctor Teacher Kim ]

3. Doctor (SBS)
Rating rata-rata Nasional = 18,41% Raihan Rating Tertinggi : 21,3%

Poster Resmi "Doctors"
Sekali lagi drama medis SBS sukses meraup raihan rating tinggi. Berkisah mengenai perjalanan hidup Yoo Hye-jung yang menjadi dokter demi mengungkap alasan dibalik kematian Neneknya di meja operasi yang menurutnya tidak wajar. Hye jung yang melalui masa remaja yang sulit dan penuh luka menjadikannya menutup diri terhadap orang lain dan bertingkah seperti gangster, namun ia berubah setelah di asuh oleh neneknya dan bertemu guru Hong Ji-hong. Mereka yang sempat berpisah karena skandal yang dibuat oleh Seo Woo teman kelas Hye Jung yang juga mencintai Guru Hong bertemu kembali di Rumah Sakit Gookil 13 tahun setelahnya dan jatuh cinta kembali. Terima kasih penulis Ha Myung Hee.

[Baca selengkapnya mengenai Drama Doctor]

4. Love in the Moonlight (KBS)
Rating rata-rata Nasional = 18,30% Raihan Rating Tertinggi : 23,3%

Poster Promosi "Love in the Moonlight"
Drama saeguk atau mengambil latar kerajaan adalah tema favorite yang selalu ada di setiap tahunnya. Di adaptasi dari Serial Novel berjudul Moonlight Drawn by Clouds. Drama ini mengambil latar di awal abad ke 19 di Era Joseon, mengenai seorang Putra Mahkota Lee Yeong yang jatuh cinta terhadap Kasim Hong yang menyamar menjadi laki-laki setelah ayahnya di tuduh menjadi Pemberontak Kerajaan. Walaupun mengambil latar kerajaan namun cerita serial ini cukup ringan dan tidak melulu berfokus pada Politik, lebih ke kisah persahabatan dan percintaan remaja yang cukup ringan untuk dinikmati. Terima Kasih Penulis Yoon Yi-soo, Kim Min-jung dan Im Ye-jin.

[Baca selengkapnya mengenai Drama Love in the Moonlight ]
5. The Legend of the Blue Sea (SBS)
Rating rata-rata Nasional = 16,80% Raihan Rating Tertinggi : 21,0%

Poster Promosi "The Legend of the Blue Sea"
Drama yang mempertemukan aktor dan aktris Papan Atas ini mengambil inspirasi dari Kisah Klasik anak-anak The Little Mermaid. Bercerita mengenai pertemuan Putri Duyung dan seorang Wali Kota di Era Joseon hingga akhirnya mereka saling jatuh cinta namun berakhir tragis dengan kematian mereka berdua. Kisah ini terulang kembali di era modern oleh Reinkarnasi mereka, terhubung oleh Mimpi dari masa lalu keduanya berhasil mengubah takdir mereka dengan berakhir bahagia. Drama ini mengangkat tema komedi yang cukup kental, romansa pun terasa, terlebih lagi di dukung oleh kualitas akting para pemeran tidak diragukan lagi. Original Soundtrack Part 5 yang jadi favorite mimin tahun kemarin. Terima kasih Penulis Park Young-soo.

[Baca selengkapnya mengenai Drama The Legend of the Blue Sea ]

6. My Lawyer, Mr Jo (KBS2)
Rating rata-rata Nasional = 12,88% Raihan Rating Tertinggi : 17,3%
Poster Promosi "My Lawyer, Mr. Jo"
Drama yang mengambil latar dunia hukum ini, bercerita mengenai seorang Jaksa yang karirnya berubah 180 derajat setelah mencoba melawan CEO besar yang berkuasa, yang mana teman masa kecilnya di jadikan kambing hitam atas perilaku pembakaran yang dilakukan oleh CEO tersebut.Lalu ia bertemu seorang Pengacara baru yang bekerja di Firma Hukum milik mantan mertuanya. Sempat bermasalah di awal proses produksinya karena tuduhan plagiarism oleh Penulis Naskah lainnya, hingga berakhir damai. Kabarnya serial ini akan dibuatkan musim ke 2-nya. Kita tunggu saja. Terima Kasih penulis Lee Hyang-hee.

[Baca selengkapnya mengenai Drama My Lawyer, Mr Jo]

7. W (MBC)
Rating rata-rata Nasional = 11,63% Raihan Rating Tertinggi : 13,8%
Poster Promosi "W"
Mengangkat tema fiksi yang tak biasa mengenai seorang tokoh Webtoon (Serial komik yang dipublikasi online) yang ternyata memiliki kehidupan seperti manusia di dunia nyata. Kang cheol dan dunianya yang diberi nama W merupakan sebuah karya Oh Sung-moo, ia secara misterius menghilang saat akan mengakhiri serial W. Anaknya, Oh yeon joo yang merupakan Ahli Bedah Kardiotorasik mencari tahu keberadaan ayahnya di tempat kerjanya dan menemukan scene dimana Kang Choel sang tokoh utama di gambarkan tertikam di atas atap hotel miliknya, tanpa di sadari Yeon-joo masuk ke dalam dunia W. Kisah antara dua dunia yang berbeda pun di mulai. Admin merasa serial ini seharusnya di persingkat menjadi 12 atau 14 episode saja, karena mendekati akhir cerita yang disuguhkan lebih kepada pengulangan dari kisah-kisah sebelumnya, tidak heran rating terendah justru datang dari Episode terakhir. Terima Kasih penulis Song Jae-jung. Serial W merupakan satu-satunya Drama MBC yang masuk ke top 10 drama dengan raihan rating tertinggi tahun ini.

[Baca selengkapnya mengenai Drama W ]

8. Jealousy Incarnate (SBS)
Rating rata-rata Nasional = 10,50% Raihan Rating Tertinggi : 13,2%
Poster Promosi "Jealousy Incarnate"
Drama yang mengangkat permasalahan yang tak bisa, kanker payudara pada pria. Bercerita mengenai Pyo Nari, seorang Penyiar Cuaca yang jatuh cinta kepada Hwa shin, seorang reporter selama 3 tahun, akhirnya ia merasa cintanya kepada reporter tersebut telah hilang setelah ia bertemu Jung-won seorang pewaris konglomerat yang memiliki kepribadian yang bertolak belakang dengan sang reporter yang terkesan kasar, tak peduli dan sederet kelakukan buruk lainnya. Ternyata sang reporter dan pewaris adalah sahabat sedari kecil. Reporter yang mengetahui penyakit yang di idapnya melalui Pyo Nari ternyata mencintai Pyo Nari. Perjuangan mereka untuk bersatu di bumbui dengan kelucuan dan kisah sedih. Ada banyak permasalahan yang diangkat dalam serial ini semuanya dikemas dengan ringan dan apik, 24 episode pun tidak ingin terlewatkan satu pun. Jujur, ini adalah serial yang paling mimin sukai dari semua rilisan tahun 2016, lucu dan menguras emosi, karena mimin pihak Jung-won. Awalnya serial ini ditangani oleh KBS2 yang akan tayang setelah Uncontrollably Fond namun karena perubahan naskah yang menambah jumlah episode menjadi 24 dan KBS2 tidak yakin akan sukses maka proses produksinya di ambil alih oleh SBS. Terima Kasih penulis Seo Soong-hyang.

[Baca selengkapnya mengenai Drama Jealousy Incarnate ]

9. Uncontrollably Fond (KBS2)
Rating rata-rata  Nasional = 9,41% Raihan Rating Tertinggi : 12,9%
Poster Promosi "Uncontrollably Fond"
Berharap mengulang kesuksesan Descendants of the Sun (DOTS), KBS2 menjagokan drama ini di time-slot yang sama dengan DOTS. Bercerita mengenai seorang aktor dan penyanyi terkenal Shin Joon-young yang mengidap kanker dan waktu hidupnya tinggal 3 bulan. Bertemu kembali dengan No-eul seorang produser dokumenter yang menghalalkan segala cara demi mendapatkan uang demi membayar hutang yang merupakan kekasihnya di waktu SMA namun mereka mengakhiri hubungan mereka setelah insiden yang dikarenakan oleh Joon-young. Dalam mendapatkan kembali cinta No-eul berbagai kejadian tak terduga terungkap satu persatu *lebay da ah*. Cerita yang kompleks dan sulit di 'cerna' menjadikan drama ini jauh dari ekspektasi untuk perolehan ratingnya, jujur nama besar Kim Woo bin dan Bae Suzy yang di dapuk sebagai pemeran utama tak mampu menarik perhatian para penonton di negaranya sendiri. Tidak heran, mimin 'menyerah' menonton serial ini semenjak episode 7. Tombol skip forward jadi teman mimin disisa episodenya. Mimin bertahan nonton karena ada aktor Lim Ju-hwan yang favorite mimin berkat aktingnya di Oh My Ghostess dan kembali memukai mimin di serial ini, Original Soundtracknya juga jadi nilai plus bagi mimin di serial ini. Terima kasih penulis Lee Kyung-hee.

[Baca selengkapnya mengenai Drama Uncontrollably Fond ]

10. Jackpot (SBS)
Rating rata-rata Nasional = 9,33% Raihan Rating Tertinggi : 12,2%
Poster Promosi "Jackpot"
Drama bertema sejarah ini mengambil latar di Era Joseon bercerita mengenai sebuah permainan Judi yang diikuti oleh Dae-gil dan Raja Yeongjo. Dae-gil adalah master dalam permainan ini. Dae-gil menjadikan hidupnya sebagai taruhan dan Raja Yeongjo menjadikan Kerajaannya sebagai taruhannya. Sementara itu dilain pihak ada Dam-seo yang secara pribadi ingin membalas dendamnya kepada raja. Secara keseluruhan drama ini cukup baik, tempo penceritaannya agak lambat dan sedikit membosankan, karakter-karakter yang ditampilkan tidak begitu juga, dan poin romansa dilupakan. But it's still worth to watch. Terima Kasih Penulis Kwon Soon-gyu.

[Baca selengkapnya mengenai Drama Jackpot ]


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 6:54 AM

0 komentar:

Post a Comment

Ads by RevenueHits

Facebook  Twitter  Google+ RSS Feed  G-mail 

Popular Posts

Total Pageviews

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Powered by Blogger.
Protected by Copyscape

About Blog

Kami adalah Pencinta Drama Korea dan Soundtracknya, mencoba berbagi informasi Drama dan Soundtrack. All content in this blog is for promotional purpose only, we don't responsibly for all users do. Thank You For Visiting !!
CB