10 Drama Korea TV Kabel Terpopuler tahun 2016

Posted by Unknown on 3:19 AM

Dengan berakhirnya serial Hwarang: The Poet Warrior Youth, maka berakhir pula seluruh penanyangan serial Drama Premium yang dirilis tahun 2016.

[Baca ketentuan Serial Drama Premium menurut Dramakoreaid di sini]

Admin dan para tim-nya memutuskan untuk membuat 10 Daftar Drama dengan Rating Tertinggi tahun 2016 yang di siarkan di TV Berlangganan/kabel.  Adapun referensi kami adalah berdasarkan data yang di ambil dari AGB Nielsen Korea, sebuah lembaga yang melakukan riset dan merating program TV di Korea Selatan. AGB Nielsen membagi rating menjadi 2 berdasarkan wilayah Geografis yakni Rating Nasional dan Rating Wilayah Ibukota Seoul. Yang menjadi patokan kami dan tolak ukur kami adalah Rating Nasional karena wilayah Geografis yang luas. Nah, berikut adalah 10 Drama TV Kabel dengan Rating Tertinggi tahun 2016.


tvN berjaya tahun ini, ke 10 judul yang ada di daftar ini semua milik tvN. Oleh karena itu kami memutuskan untuk memasukkan drama "My Wife's Having An Affair This Week" sebagai Honorable Mention yang merupakan serial non-tvN yang memiliki rating tertinggi tahun 2016.

1. Guardian: The Great and Lonely God (tvN) 
Rating rata-rata Nasional = 13,61 % Raihan rating Nasional tertinggi : 20,05%
Poster Promosi "Guardian: The Great and Lonely God"
Sepertinya tahun ini kepunyaan Penulis Kim Eun-sook, di Kategori penyiaran publik serial drama yang ia tulis "Descendants of the Sun" juga memuncaki perolehan rating pemirsa. Guardian: The Great and Lonely God a.k.a Goblin bercerita mengenai kisah seorang Prajurit kerajaan di era Goryeo bernama Kim Sin yang menerima 'Hadiah' sekaligus 'Hukuman' dari sang pencipta sebagai Goblin setelah kematiannya, ia memiliki umur yang panjang (diceritakan berumur 939-tahun) namun ia harus menyaksikan orang-orang yang ia cintai meninggal, dalam usia panjangnya ia ditakdirkan akan meninggal dengan tenang jika ia menemukan Pengantin Wanita Goblin yang akan mencabut pedang yang tertikam di dadanya. Pada satu malam di tahun 1998 ia mendengar permohonan ibu hamil yang sekarat setelah di tabrak, ia lalu mengabulkan permohonan ibu tersebut agar tetap hidup dan tanpa disadarinya cabang bayi yang ia selamatkan tadi ia tandai sebagai pengantinnya di kemudian hari. Kini ia tinggal bersama seorang Pencabut Nyawa yang lupa akan kehidupannya sebelumnya dan menamai dirinya sebagai Kim Woo Bin dan pewaris konglomerat pemberontak dari keluarga Yoo, ia bertemu dengan Ji Eun-tak yang merupakan bocah yang ia selamatkan dulu 19 tahun kemudian. Dengan durasi tak tetap setiap episode mulai dari 60 - 90 menit drama ini tak membuat kita bosan, kualitas cerita penulis Kim Eun-sook tak perlu di ragukan lagi, di tambah kualitas para pemeran utama dan efek khusus yang di kemas dengan baik membuat kita ketagihan menonton serial ini. Walaupun sukses serial ini tak lepas dari kritik di mana karakter Ji Eun tak di rasa terlalu kekanak-kanakan, dan akhir cerita yang di 'Paksakan' tamat, sepertinya 16 episode tak cukup untuk menjabarkan cerita Goblin karena di Episode terakhir terlalu 'banyak' time skip yang diperlihatkan sehingga konten dan makna cerita agak 'menurun'. Tak hanya serialnya yang sukses, Original Soundtracknya pun berhasil menduduki top 10 Gaon Chart. 7 dari 14 OST drama ini adalah Favorite Mimin. Terima Kasih Penulis Kim Eun-sook.

[Baca selengkapnya mengenai Drama Guardian: The Great and Lonely God ]

2. Signal (tvN) 
Rating rata-rata Nasional = 8,83 % Raihan rating Nasional tertinggi : 12,6%
Poster Promosi "Signal"
Sepertinya fantasi dan setting waktu 'Back and Forth' jadi salah satu favorite di tahun 2016. Begitu juga di serial ini, bercerita mengenai Hae Young seorang Polisi Profiler (Analis Penyelidikan Kriminal = Penyelidikan yang bertujuan untuk memperkecil kemungkinan siapa tersangka berdasarkan pendekatan psikologis yang di dasari dari sikap atau perilaku yang dicurigai sebagai tersangka) yang bisa berkomunikasi dengan Jae-han seorang Detektif dari dekade akhir 90-an melalui walkie-talkie di kantor kepolisian saat ia ditangkap oleh detektif veteran Soo-hyun di sebuah kafe saat menemui Reporter yang mencoba memberitahu berita skandal seorang selebriti yang ternyata dalam pengintain Detektif veteran tadi. Pertemuan mereka di Walkie-talkie membuka kembali dan berhasil memecahkan kasus pembunuhan teman SD Hae Young yang ditutup karena pelaku utama tak diketahui siapa. Serial drama ini awalnya di Produksi untuk tayang di TV Penyiaran Publik SBS, namun pihak SBS ragu akan keberhasilan serial ini karena setting waktunya dan biaya produksi yang mahal untuk penyesuaian drama ini ke setting waktu akhir 90-an hingga di ambil alih oleh tvN dan sukses secara kritisi dan komersial. Perlu di catat serial ini diadaptasi dari kisah nyata kasus kriminal pemerkosaan yang terjadi di Hwaseong Provinsi Gyeonggi dari tahun 1986 - 1991. Terima kasih penulis Kim Eun Hee.

[Baca selengkapnya mengenai Drama Signal ]

3. Another Oh Hae Young (tvN)
Rating rata-rata Nasional = 6,88 % Raihan rating Nasional tertinggi : 10%
Poster Promosi "Another Oh Hae Young"
Sekali lagi Fantasi menjadi favorite di tahun 2016. Kali ini seorang pria yang bisa melihat masa depan. Drama yang bercerita mengenai kisah Do Kyung, Pengarah Vokal/Suara yang ditinggal oleh Calon Istrinya di Hari Pernikahan mereka, yang bernama Oh Hae Young. Setahun setelah kejadian itu, Do Kyung diberi tahu bahwa Oh Hae Young akan menikah dengan seorang Wirausahawan Muda bernama Tae Jin. Do Kyung berencana membalas Hae Young dengan cara merusak pernikahan mereka, dan ia berhasil, ia membuat Tae Jin bangkrut dan masuk bui. Namun ternyata Oh Hae Young yang tadinya akan di nikahi Tae Jin bukanlah sosok yang ia cari.  Tae Jin yang mencintainya berbohong dengan berkata bahwa ia tidak begitu mencintai Hae Young dan akan membatalkan pernikahan mereka, ini ia lakukan agar Hae Young hidup bahagia. Memiliki kesamaan kisah yakni di 'buang' pada saat pernikahan mereka Do Kyung dan Hae Young menjadi semakin dekat. Terima Kasih Penulis Park Hae-young dan Wi So-young.

[Baca selengkapnya mengenai Drama Another Oh Hae Young]

4. Cheese in the Trap (tvN)
Rating rata-rata Nasional = 6,00 % Raihan rating Nasional tertinggi : 7,1%
Poster Promosi "Cheese in the Trap"
Drama yang diadaptasi dari serial webtoon berjudul sama yang di terbitkan di Naver ini berfokus pada kehidupan dan hubungan dari sebuah kelompok mahasiswa di sebuah Universitas terutama pada Hubungan sulit antara Hang Seol dan Yoo Jung. Seol adalah seorang yang rajin dan pekerja keras yang kadang di manfaatkan oleh orang lain, Jung juga sama seperti Seol di masa lalu, namun kini ia telah memproteksi dirinya dengan sistem yang ia buat yakni "Beri dan Ambil". Setelah Jung mengencani Seol, Seol mendapati dirinya terjebak dalam masa dari dirinya di masa lalu dan masa kini. Drama ini memilki akhir yang berbeda dari versi webtoon ini dikarenakan Webtoon-nya sendiri belum tamat ketika proses produksi tengah berjalan. Terima kasih penulis Kim Nam Hee.

[Baca selengkapnya mengenai Drama Cheese in the Trap]

5. Dear My Friends (tvN)
Rating rata-rata Nasional = 5,06 % Raihan rating Nasional tertinggi : 8,08%
Poster Promosi "Dear My Friends"
Serial drama populer tak selamanya di isi oleh aktor/aktris cantik usia 20-an dan 30-an. Dear My Friends membuktikannya dengan raihan rating yang di dapatkan. Dimana hampir semua deretan cast di isi oleh aktor usia lanjut. Drama ini berfokus pada kisah orang-orang tua yang masih berhubungan dengan teman-teman lamanya di usia senja mereka, yang seakan - akan menegaskan bahwa kisah mereka belum berakhir walaupun di usia tua mereka karena mereka masih hidup. Terima kasih penulis Noh Hee-kyung.

[Baca selengkapnya mengenai Drama Dear My Friends ]

6. The K2 (tvN)
Rating rata-rata Nasional = 4,87 % Raihan rating Nasional tertinggi : 6,63%
Poster Prmosi "The K2"
Serial drama aksi yang bercerita pada kisah cinta Kim Je-ha, seorang mantan tentara bayaran untuk PMC Blackstone. Ketika di Irak, ia dijebak dan terlibat dalam pembunuhan kekasihnya. Akibatnya, dia melarikan diri dan menjadi buronan. Ia kembali ke Korea Selatan dan secara kebetulan, ditawari bekerja sebagai pengawal di sebuah Perusahaan keamanan JSS yang di miliki oleh Ahli Waris Konglomerat yang suaminya Jang See Jon akan maju ke Pemilihan Presiden. Dia melakukan ini untuk membalaskan dendamnya kepada calon presiden lain Park Kwan Soo yang menjadi dalang terbunuhnya kekasihnya. Ia lalu ditugasi menjaga Anna, anak ilegal dari calon presiden See jon. Perlahan ia mulai mencintai Anna begitu pula sebaliknya, membuat Je-ha terpecah antara harus bekerja dengan sekutunya, Yoo-jin untuk membalas dendamnya dan melindungi cinta baru nya, Anna, atau melawan sekutunya sendiri. Terima kasih penulis Jang Hyuk-rin.

[Baca selengkapnya mengenai Drama The K2]

7. The Good Wife (tvN)
Rating rata-rata Nasional = 4,67 % Raihan rating Nasional tertinggi : 6,23%
Poster Promosi "The Good Wife"
Serial drama ini merupakan adaptasi pertama dari serial Amerika Serikat di Sejarah pertelevisian di Korea Selatan. Adapatasi dari Serial The Good Wife yang disiarkan di CBS dari tahun 2009 - 2016 ini mengisahkan kisah tentang seorang wanita, Kim Hye Kung, yang memegang tanggung jawab atas keluarganya setelah suaminya, Lee Tae Joon di masukan ke dalam penjara setelah kasusnya menjadi skandal publik. Lee Tae Joon adalah seorang Jaksa di Kantor Kejaksaan Wilayah Seoul Pusat. Istrinya  kemudian setelah kasus ini di dorong untuk kembali bekerja sebagai Pengacara untuk menghidupi keluarganya. Drama ini merupakan ajang comeback bagi aktris Jun Do Hyun yang terkenal lewat serial berating tinggi Love in Prague setelah 11 tahun lamanya. Terima kasih penulis Han Sang Woon.

[Baca selengkapnya mengenai Drama The Good Wife]

8. Drinking Solo (tvN)
Rating rata-rata Nasional = 3,50 % Raihan rating Nasional tertinggi : 5,02%
Poster Promosi "Drinking Solo"
Serial drama ini bercerita mengenai kisah hidup dan aktivitas harian dari para Guru, Murid, Staf dari sebuah Institusi Swasta yang menyediakan Jasa Persiapan Ujian Pelayanan Warga yang minum sendiri-sendiri setelah bekerja karena alasan masing-masing. Dan juga berpusat pada kisah cinta Jung Suk yang merupakan pelatih profesional terkenal yang arogan dan Ha Na pelatih baru yang mencoba bertahan di Institusi tersebut. Terima kasih penulis Myung So Hyun.

[Baca selengkapnya mengenai Drama Drinking Solo] 

9. Hey Ghost, Let's Fight (tvN)
Rating rata-rata Nasional = 3,50 % Raihan rating Nasional tertinggi : 4,31%
Poster Promosi "Hey Ghost, Let's Fight"
Webtoon sepertinya jadi alternatif dari Novel yang diadaptasi menjadi serial televisi di Korea Selatan. Di terbitkan di Naver dari tahun 2007 - 2010. Hey Ghost, Lets Fight kemudian dibuatkan serial tv nya. Bercerita mengenai Bong Pal yang memiliki kemampuan melihat hantu, dan bisa melakukan pengusiran hantu. Bertemu Hyun-ji hantu Penasaran yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas saat akan mengikuti ujian penerimaan mahasiswa baru. Keduanya tidak sengaja berciuman dan Hyun Ji mengetahui bahwa Bong Pal bisa menjawab alasan kenapa ia menjadi arwah penasaran. Keduanya menjadi partner dalam membasmi hantu jahat. Bong Pal juga menemukan bahwa tidak semua hantu itu jahat, mereka membantu hantu penasaran agar bisa pergi dengan tenang. Terima kasih penulis Lee Dae-il.

[Baca selengkapnya mengenai Drama Hey Ghost, Let's Fight]

10. Memory (tvN)
Rating rata-rata Nasional = 2,92 % Raihan rating Nasional tertinggi : 3,80%
Poster Promosi "Memory"
Serial ini bercerita mengenai kisah kehidupan yang berpusat pada Tae Suk, seorang pengacara yang mengetahui dirinya mengidap penyakit Alzheimer, mempertaruhkan hidupnya untuk memenangkan kasus terakhirnya, dia dengan usahanya dalam kasus tersebut mencoba untuk tetap menjaga nilai kehidupan dan kehangatan cinta keluarga ketika ingatannya secara perlahan memudar. Terima kasih penulis Kim Ji woo.

[Baca selengkapnya mengenai Drama Memory]

HONORABLE MENTIONS
1. My Wife is Having an Affair this Week (JTBC)
Rating rata-rata Nasional = 2,82 % Raihan rating Nasional tertinggi : 3,51%
Poster Promosi "My Wife is Having an Affair this Week"
Serial drama yang merupakan adaptasi dari serial televisi Jepang tahun 2007 dengan judul yang sama ini bercerita mengenai kisah rumah tangga Do Hyun Woo, seorang Produser yang mengetahui bahwa istrinya memiliki hubungan lain. Menikah selama 8 tahun membuatnya yakin ia memiliki hubungan cinta yang kuat bersama istrinya, hingga istrinya menunjukkan ciri-ciri telah berselingkuh. Hal ini mendorongnya untuk berbicara kepada anonymous di media sosial untuk mencari tahu apa yang harus ia perbuat dan mencoba untuk menyelamatkan rumah tangganya. Terima kasih penulis Lee Nam Gyu, Kim Hyo Shin, dan Lee Ye Rim.

[Baca selengkapnya mengenai Drama My Wife is Having an Affair this Week ]


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 3:19 AM

0 komentar:

Post a Comment

Ads by RevenueHits

Facebook  Twitter  Google+ RSS Feed  G-mail 

Popular Posts

Total Pageviews

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Powered by Blogger.
Protected by Copyscape

About Blog

Kami adalah Pencinta Drama Korea dan Soundtracknya, mencoba berbagi informasi Drama dan Soundtrack. All content in this blog is for promotional purpose only, we don't responsibly for all users do. Thank You For Visiting !!
CB